10 November

Selalu indah dengan hadirnya bulan November, dibulan ini biasanya hujan sering turun membasahi bumi yang semakin panas, dan sesungguhnya sejarah Republik ini berlangsung panas setiap tanggal 10 November, tanggal tersebut di Indonesia selalu diperingati sebagai hari pahlawan, penetapan hari pahlawan ini berdasarkan pertempuran dahsyat di Surabaya melawan Inggris, perlu diingat Inggris adalah salah satu negara pemenang Perang Dunia Ke II bisa dibayangkan jika Inggris mengamuk ketika 2 Jenderalnya terbunuh di Surabaya, dan itu menimbulkan kegemparan luar biasa karena baru setelah perang pasifik selesai 2 jenderalnya terbunuh bahkan mereka mengakui bahwa perang disurabaya adalah perang terberat setelah Perang Dunia Ke II dan mereka menjulukinya sebagai “Neraka di Timur Jawa” dan mereka hampir habis disapu bersih oleh para pejuang kemerdekaan Republik Ini dan pulang kenegaranya dengan menelan kekalahan dan menanggun malu.

Itu secuil sejarah yang sedikit saya ingat dari pelajaran sejarah dimasa sekolah, pada tanggal tersebut Bapak saya juga lahir ke bumi untuk menjadi pahlawan bagi saya banyak kenangan-kenangan heroik saya dan bapak, selain mengajarkan banyak pelajaran-pelajaran kehidupan banyak kenangan yang lain juga yang bisa diingat, ketika itu saya sedang mandi sungai yang arusnya cukup deras bersama teman-teman saya tenggelam terbawa arus dan dengan gerak cepat bapak saya menarik rambut saya dan selamatlah saya,,, hahahaha tapi berawal dari situ saya berani untuk belajar berenang dan tidak takut untuk tenggelam, Bapak juga yang dengan sabar mengajari saya untuk bisa naik sepeda selama bertahun dan sampai bisa tidak kalah dengan teman-teman sebaya saya, kata-kata bapak yang selalu saya ingat sampai sekarang adalah “kalau orang lain bisa lakukan, tentunya kamu juga bisa” kata sakti ini yang membuat saya tidak khawatir terhadap kehidupan dan masa depan, setelah bisa naik sepeda, saya terjatuh dan terjerumus ke sungai yang cukup terjal dan dalam, dan orang pertama yang ada untuk menolong saya adalah Bapak. Walaupun saya berbeda dengan yang lain, Bapak selalu bangga kepada saya, bahkan saya sendiri merasa tidak enak hati diperlakukan demikian. Saya selalu diajak jalan oleh Bapak seperti memancing, menonton badminton, Sepakbola, Film di Bioskop, tarik tambang, bola voli dll. Hanya satu kata yang bisa saya bilang “indah”.

Dimasa sekolah sebenernya saya sudah dikasih uang saku oleh Ibu, tapi bapak sama diam-diam tanpa sepengetahuan Ibu memberikan uang saku dengan nilai yang sama sambil mengancam ke saya bahwa jangan bilang-bilang ke ibu kalau saya dikasih uang lagi, ya saya menikmati aja,,, hahahaha. Hal yang paling menyenangkan lagi jika saya dibelikan koran atau tabloid bola, maklum jaman itu internet masih untuk kalangan orang-orang tertentu yang mungkin masih dinikmati oleh penemunya beserta kawan-kawan. Terima kasih Bapak telah membuat masa kecil saya begitu berkelas hahaha…

Oke,,, Selamat Ulang Tahun semoga panjang umur dan sehat selalu my real hero, Bapak ! Semoga saya segera bisa memberikan satu hal yang belum saya berikan disisa umur mu. Amin.

About jaryat

Pelan tapi tetap berjalan....
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *