MENAGIH HUTANG

Teman-teman pasti pernah mengalami kejadian ketika uang kita dipinjam oleh orang lain, ketika mereka butuh hutangan bahasa mereka halus dan sopan dan penuh dengan janji akan membayar tepat waktu, tapi ketika telah mendapatkan hutangan dan giliran ditagih komitmen untuk membayar hutang sering berperilaku galak dan pura-pura hilang ingatan atau AMNESIA.

Sebagai manusia jika kita mampu dan mempunyai rezeki tentunya kita harus saling membantu apabila ada teman atau saudara yang membutuhkan bantuan pinjaman akan tetapi kita juga membutuhkan komitmen si peminjam tersebut, jika mereka belum bisa membayar minimal ada komunikasi dan bicara yang sejujurnya apabila belum bisa memenuhi komitmen membayar hutang, kalaupun belum bisa membayar secara keseluruhan minimal semampunya mereka membayar yang penting ada itikad baik dan tidak mengecewakan yang telah memberikan bantuan atau hutangan.

Ada beberapa cara untuk menagih hutang dari penghutang yang melanggar komitmen :

  1. Ketika sedang makan atau belanja bareng diupayakan untuk sering-sering minta dibayarin tanpa harus ada rasa sungkan atau tidak enak, hilangkan rasa itu terhadap penghutang yang melanggar komitmen.
  2. Jika lagi jalan bersama sering-seringlah bersandiwara untuk tidak punya uang dengan muka yang memelas.
  3. Pas tanggal muda langsung sindir aja dengan kata-kata “ciee yang baru gajian, banyak duit nihhhh…..” memuji sebagai pancingan…
  4. Pas kumpul-kumpul sama temen atau pas kopdar kubbu misalnya, bukalah topik pembicaraan “Orang yang tidak bayar hutang adalah orang yang menyebalkan”
  5. Menceritakan cerita-cerita mistis dan religius dari majalah hidayah tentang azab yang menimpa dari orang yang tidak membayar hutang.
  6. Menagih hutang langsung ke orang tuanya.
  7. Share tulisan ini ke semua sosial media, ke group wa, bbm, atau line yang si penghutang ada disitu, siapa tahu dia membaca dan cepat sadar.
  8. Berhutang balik, siapa tau dengan cara ini dia malah mau meminjamkan uangnya.
  9. Cara ini adalah cara terbaik dan pamungkas ketika cara-cara diatas menemui jalan buntu yaitu dengan mendoakan penghutang mempunyai banyak rezeki sehingga bisa buat membayar hutang-hutangnya.

About jaryat

Tagline : "Pelan tapi tetap berjalan" Hobi bersepeda, berenang, dan menghirup udara segar, penikmat alam dan taman, bobotoh PERSIB dari orok. Email : jaryat@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

58 Responses to MENAGIH HUTANG

  1. Zen says:

    Hahaha…. Sindir lewat status Facebook, terus tag orangnya wkwkwk

  2. Wah bisa dicoba ini caranya

  3. Lala Yusuf says:

    Hahahaha mau ngakak nih. Aku kalo nagih utang langsung aja to the point tapi bahasa halus.

  4. swwmutiara says:

    Ternyata banyak cara menagih hutang yah, Kak. Boleh dicoba nih. Hehehe…

  5. Deny Oey says:

    Ngakak pas bagian kopdar kubbu, jgn2 ada peristiwa member kubbu ngutang gk bayar yah 😂😂

  6. Iqbal says:

    Nomor 6 ngajak perang

  7. Ifa Mutia says:

    Berhutang balik…jangan ah hi.hi.hi

  8. Dayu Anggoro says:

    Asli, nomor 5 bikin ngakak. Eh tapi bagus juga nih saran buat yg suka ngutang kaga mau bayar HH!…

  9. Ariwidi says:

    minta ajah langsung. jangan sungkan. hihi

  10. Ristiyanto says:

    Cari majalah yg covernya ” Akibat tidak bayar hutang, jenazah ditolak bumi”

  11. Nunik Utami says:

    Hahaha… saya kalau ada teman yang ngutang, jarang nagih. Biar dia aja yang ingat 😀

  12. Kartini says:

    Kok jadi lucu yaa hahaha

  13. Inez says:

    Kalau minjemin duit ke orang, itu kemungkinan besar ga bakalan balik. Anggap saja sumbangan, ikhlasin.
    Jangan minjemin duit sih lebih gampangnya.
    https://helloinez.com

  14. airin says:

    Haha.. aku juga sebel ma yg suka ngutang g balikin

  15. Citra Rahman says:

    Aku sih sekarang utang-utang itu aku ikhlasin aja. Dibayar alhamdulillah. Ga dibayar juga ya sudahlah. Dan sekarang ngga mau ngasih utangan ke orang lagi. Dari pada entar dia dan saya bikin dosa aja. Hahaha…

  16. Ndari says:

    Ahhh aku ndak isa nerapin poin2nya nihh.. ga tega..
    Dan selalu lupa, kalo temen ngutang suruh inget sendiri itung2an, kan mereka yang punya tanggungan mosok lupa sik?

    Kita nya kan bisa serasa dapat arisan kalo tetiba ada yang bayar…hihihihi

  17. ? Tuty prihartiny says:

    Hahaha.. Kerennnnn kak ide nagih hutangnya. Kakak sudah praktikan point2 tsb kah? Sepertinya asik klu ada part 2 nya

  18. Taumy says:

    Lebih gampang menjalani point No 9

  19. mbak titi says:

    Jaman now mah gini, yang ngutang suka lebih galak.

    Share tulisan ini. hihihi. tips yang baik untuk perkembangan web mas Fajar. bisa bgt ihh.. hhe

  20. Beni says:

    Jarang nagih, biasanya temen juga inget.
    Kalo nggak yasudahlah,

  21. Kalena Efris says:

    Aku kadang suka ga enakan kalo nagih. Apalagi kalo mesti berantem gara-gara uang.

    Btw jangan-jangan blog ini juga tertuju ke orang yang ngutang ke abang dan belum bayar yaa? 😂

  22. Sebagai orang yg ga bisa nagih hutang tipsnya akan aku terapkan. Eh tapi Jar, gimana nagih hutang yang bukan uang? seperti hutang janji mau ngelamar, mau ketemu ortu, mau nikah gitu? ahahhaha

  23. Nasa says:

    Point terakhir butuh hati yg bersih dan tulus nih.

  24. lenifey says:

    Duh tips nya lucu sekali kak.. apalagi yang no.5 😂😂
    Langsung browsing kisah2 hidayah ah… wkwkkw..

  25. Sally says:

    Hahaha lucuk banget tulisannya. Emang kesel banget yaa sama orang yang ngutang tapi pura-pura lupa, mending kalau ngutangnya ratusan, kalau jutaan terus pura-pura lupa, kebangetan.

    Saya malah kadang ga enak kalau mau Minta uangnya, biasanya yang minjam kawan dekat.

    But, I’ll try urs Ka hehee

  26. Hayati says:

    Tips ke 10: bilang sama yang berhutang “mau ditagih di dunia atau di akhirat” 😅😅😅

  27. nagih hutang budi gimanaaa….hehehe

  28. elsalova says:

    itu orang nya anak kubbu mas? tetiba gagal fokus sm point 4. wkwkwk

  29. Dewi says:

    Menagih hutang dengan halus memang terkadang dianggap remeh oleh yg punya hutang yaa..hehhe jd serba salah. Tp menagih ttp dgn cara yg baik, dan didoakan agar yg berhutang diberi kemudshan membayar..

  30. Wah unik nih tulisannya. Kepikiran aja nulis tips tentang menagih hutang heheh. Tp boleh dicoba nih kalo ada temen yg banyak alasan klo ditagih hehe

  31. saya sih kalau kasih pinjam ke orang bilangnya jangan dibalikin kalau gak punya uang untuk balikin. saya juga gak akan kasih kalau maksain diri atau memang tidak ada budget untuk beramal. hutang saya masukkan ke budget amal.

  32. Hutang ya bang? bukan Kutang? ahhaha *kaborr

  33. Kadang yg ditagih utang lebih galak ya. Liat temen yg gak pernah ngutangin tau hikmahnya, hutang bisa merusak hubungan pertemanan, mending gak usah hutang-berhutang sesama teman. Tapi gw pernah bilang didepan umum temen gw punya utang ke gw, ehh dia jd malu akhirnya dibayar utangnya padahal cuma 5rb…wkwkwkwk

  34. Yogi says:

    ngeri sekaaalii ini cara nagihnya… hihihi

  35. Fariz_Firdaus_ says:

    Seseorang yang mati sahid pun akan diampuni dosanya, kecuali hutang (HR. Bukhori)

  36. ku ga pernah tega buat nagih utang ke orang jadi nunggu sadar aja dah . kapan kapan aku share ini aja ke yang ngutang hahaha

  37. Ning! says:

    Aku orangnya gak enakan. Jd nunggu dia inget. Kalo enggak ya ikhlasin aja… Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *