Tahu Gejrot

Indonesia selain kaya akan sumber daya alam dan kebudayaannya, selain itu juga Indonesia kaya akan berbagai makanan khasnya, setiap daerah pasti memiliki makanan khas tersendiri. Salah satu yang akan ditulis disini adalah makanan atau tepatnya bisa disebut kudapan yaitu “TAHU GEJROT”.

Tahu Gejrot berasal dari berasal dari Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tahu Gejrot ini merupakan salah satu kuliner asli Cirebon yang banyak disukai masyarakat dari berbagai kalangan. Ciri khas jajanan ini adalah penyajiannya menggunakan piring gerabah.

Jajanan satu ini dinamakan tahu gejrot karena bumbu cair yang digunakan untuk kuah tahu adalah bumbu campuran antara kecap, gula jawa, asam jawa, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih di tumbuk, dll, dimasukkan ke dalam botol yang jika dituangkan kedalam wadah piring gerabah akan mengeluarkan bunyi gejrot.. gejrot.. gejrott…jrott.

Cara memakan tahu gejrot ini terbilang unik yaitu menggunakan biting (semacam tusuk gigi atau potongan lidi) sebagai alat makannya. Tahu gejrot memakai tahu seperti tahu Sumedang tapi yang ini sedikit berbeda, yaitu isinya jauh lebih sedikit sehingga terlihat kosong dan kulit tahunya lebih terasa kenyal dan liat.

Pedagang tahu gejrot juga mempunyai ciri khas yaitu menggunakan pikulan untuk membawa barang dagangannya, tahu gejrot sangat mudah ditemui utamanya di sekitar kota Cirebon, Jakarta dan juga beberapa daerah-daerah lain di Indonesia kecuali di KOTA SABANG karena termasuk makanan ringan yang cukup populer.

 

About jaryat

Tagline : "Pelan tapi tetap berjalan" Hobi bersepeda, berenang, dan menghirup udara segar, penikmat alam dan taman, bobotoh PERSIB dari orok. Email : jaryat@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

64 Responses to Tahu Gejrot

  1. Dayu Anggoro says:

    Selain tahu gejrot, nasi jamblang, atau empal gentong juga enak tuh hehe…

  2. Wah saya kira tahu gejrot dari Sumedang. Kalo di kota Sabang seperti apa bentuknya?

  3. Ayu F says:

    Tahu gejrot! Waktu main ke cirebon kapan itu, malah gak sempet nyobain tahu gejrotnya di kampung halamannya sendiri. Hehehe.

  4. Putri Reno says:

    Tahu gejrot seger nih klo pedes

  5. wah, baru tau kalo tahu gejrot kuliner asli Cirebon

  6. taumyalif says:

    Jadi ngiler. Pengen cobain.

  7. Budi Setiadi says:

    Woowwww ini mah makanan favoritku.. Gak di mana dan ke mana, pasti nyari tahu gejrot. Kalau di jakarta, nyari tahu gejrot sampe ke blok m.

  8. Iqbal says:

    Tulisan terpendek di arisan kali ini :))

  9. Kartini says:

    Hmm pengen nyemil tahu gejrot

  10. Deny Oey says:

    Manstap emang nih,
    Cmn waktu kecil saya makannya malah tahu gejrot yg pake piring keramik trus ada risol sama cireng..
    Yg piring gerabah dari rasa dan tampilan lebih otentik..

  11. Nice…traditional stretradisiobisa jd bahan tulisan yg menarik

  12. Nice…traditional street food bisa jd bahan tulisan yg menarik

  13. Ndari says:

    Saya baca postingan ini di HP koq cuman separo halaman ya mas Fajar??
    Blom di suitable ke mobile kah?

    Betewe adankah rekomendasi Tahu Gejrot terenak di Cirebon? Wkwkw..

  14. airin says:

    Jadi pengen makan tahu gejrot…ulas makanan lainnya juga y kak

  15. Seger sekali makan tahu gejrot siang-siang, duh jadi ngiler. Ditunggu ulasan untuk makanan tradisional lainnya, Mas.

  16. achi hartoyo says:

    suka tahu gejrot, tapi lebih suka empal gentong 😀

  17. Yudi says:

    Tahu Gejrot. Ulekan cabe rawitnya itu bikin pedes, coba deh disruput airnya..

  18. swwmutiara says:

    Terbayang asam pedas manisnya tahu gejrot Ka 😅😅

  19. Aku jadi kangen sama tahu gejrot setelah baca tulisan ini hehe

  20. Citra Rahman says:

    Udah lama banget ga makan tahu gejroooot…

  21. Nasa says:

    Ngiler gw jd pingin mkn… Bnykin cabenya…

  22. Ifa Mutia says:

    Makanan favorite, masih ada yg lewat tiap hari. Kalau lagi pusing banyakin cabenya

  23. kampung ibuku di cirebon, tiap bertandang ke sana pasti beli ini. walaupun harus nempuh perjalanan 10-15 menit buat ke pasar . sudah seperti jajanan wajib kalau ke cirebon

  24. Ya ampun, ngiler maksimaalll. Itu foto sambelnya ga nahaann.

  25. Lala Yusuf says:

    Baca ini pas sore jadi laper hahaha

  26. dulu sering banget makan tahu gejrot di bundaran HI

  27. Belum pernah makan tahu gejrot yang asli Cirebon di Cirebon. Semoga, suatu saat heheeh…

  28. Yunita says:

    Tahu gejrot Cirebon emang tiada duanya, paling enak yang di Pasar Kanoman depan toko Shinta. Yuk ah trip ke Cirebon

  29. elsalova says:

    waaah aku suka tahu gejrot

  30. Hayati says:

    Aduh jadi kangen makan tahu gejrot, udah ratusan purnama keknya ga makan itu 🤤🤤🤤

  31. Nunik Utami says:

    Tahu gejrot, kadang-kadang kepengen banget. Biar makan tahu dengan sensasi yang beda 😀

  32. lenifey says:

    Abis baca ini jadi laper lagi pengen tahu gejrot. Hahha..
    Tapi aku baru makan pun pas udah di Jakarta.. pas masih di Surabaya enggak pernah makan.. keknya enggak pernah nemu gitu kalo yang di jual keliling.. apa daerah rumah aku yang kurang gaul ya? Ahhaha

  33. Harisca says:

    Tahu gejrot.. Murah meriah..

  34. mbak titi says:

    Jadi pengen tahu gejrot. padaham di sini jarang bgt yg jual. hiks

  35. Ristiyanto says:

    Ada lagi makanan di daerah lain yang menggunakan nama tahu yaitu kupat tahu.

  36. Sally says:

    Aku trauma dengan tahu gejrot.

    Waktu itu beli tahu gejrot di abang-abang gerobak dorong. Pas lagi motong tahunya, ngeliat jari abangnya kore**an. Semenjak itu, ga pernah lagi makan tahu gejrot 🙁

  37. Ariwidi says:

    aku makan tahu gedjrot, cabenya harus delapan pokoknya..

  38. Kalena Efris says:

    Baca postingan ini bikin pengen tahu gejrot. Duh emaakk, nyari dimana coba jam segini -_-

  39. Ning! says:

    Lagi laper, jadi makin laper, bayangin makan ini dgn bumbu yg pedessss…

  40. Beni says:

    Tahu gejrot Cirebon enak banget sumpah. Waktu ke Cirebon kulineran ini.

  41. Inez says:

    camilan favorit nih kalo sore2.
    https://helloinez.com

  42. minta duit stemitnya donk

  43. Derus says:

    makanan pas masih kecil ini, abis main di lapangan makan tahu gejrot enaaak

  44. Agusonpapers says:

    sukaaa…sukaaa….yang cabenya rawit semua lebih gregeet….

  45. Kontengaptek says:

    Wahh enak banget tuh makan tahu gejrot.
    Jadi kepngen nyobain…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *