Papa T Bob

Di era 90-an adalah era keemasan musik Indonesia yang berkualitas baik dari musisinya maupun dari pencipta lagunya, di era itu tentu nama Papa T Bob untuk anak-anak yang hidup dimasa 90an sangat beken,  Papa T Bob yang bernama asli Erwanda Lucas si pencipta lagu yang legendaris dan produktif menghasilkan lagu anak-anak dan mengorbitkan para penyanyi cilik, selain maestro di bidangnya Papa T Bob juga bisa dibilang sebagai seorang hitmaker. Dekade 90an adalah masa-masa terbaik lagu anak-anak yang bisa mengisi hari demi hari dengan keceriaan dan mengukir senyuman indah anak-anak kecil yang tanpa kepalsuan, hal itu juga yang seharusnya dialami oleh anak-anak zaman sekarang alias kids zaman now.

Seabrek penyanyi anak yang sudah diorbitkan oleh seniman jenius ini mereka adalah Trio Kwek Kwek (Fandi, Dea Ananda, dan Leony), Bondan Prakoso “Si Lumba-Lumba”, Enno Lerian “Nyamuk Nakal”, Tina Toon “Bolo-bolo”, Agnes Monica “Bala-bala, Joshua “Diobok-obok”.

Sayangnya industri musik anak-anak di era sekarang sudah terkena disrupsi dan kehilangan identitasnya, masih ada memang lagu anak-anak tapi dari segi lirik banyak sekali bertema percintaan sampai yang tidak pantas dikonsumsi oleh anak-anak,  bahkan jogetannya bisa dibilang erotis dan sudah tidak memenuhi hakikatnya sebagai lagu anak-anak, seharusnya lagu anak-anak itu temanya mengenai dunia anak-anak yang masih senang main. Ditambah lagi mandegnya lagu anak-anak jaman sekarang karena dinilai tidak membawa keuntungan bisnis dan banyak produser tidak mendukung perkembangannya.

Lagu favorit anak-anak saya adalah “Bis Sekolah” yang dinyanyikan oleh Trio Kwek-Kwek. Salah satu impian saya adalah dapat melihat lagi mulut-mulut mungil yang menyanyikan lagu anak-anak yang penuh kegembiraan dan keceriaan…….

About jaryat

Tagline : "Pelan tapi tetap berjalan" Hobi bersepeda, berenang, dan menghirup udara segar, penikmat alam dan taman, bobotoh PERSIB dari orok. Email : jaryat@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

47 Responses to Papa T Bob

  1. Mutiara SWW says:

    Wuah jadi tahu nama asli Papa T. Bob saya.
    Anw, sekarang ada Naura dan si kecil yang malu sama kucing, Kak. Mungkin karena recording company tinggal sejarah, dan anak-anak lebih suka nonton youtube chanel ketimbang nonton tv yah, Kak.

  2. Deny Oey says:

    Kalau tidak salah, kemarin ada penyanyi cilik yg menyanyikan lagu anak2 sesuai kaidahnya (lupa namanya)..
    Semoga industri lagu anak cilik bisa booming lagi. Apalagi masa kecil saya di tahun 90-an tumbuh besar dengan lagu-lagu yg disebut di atas..

  3. Ristiyanto says:

    Ada penyanyi cilik yang nyanyi lagu Lelaki Kardus. Benar-benar miris.

  4. Semoga lagu anak-anak bermutu segera bangkit dari tidur panjangnya dan segera hadir penerus Papa T. Bob.

  5. Amelia says:

    Jadi kangen masa kecil. Merasa beruntung sih terlahir disaat lagu anak-anak di indonesia masih banyak. Harusnya sekarang lagu untuk anak-anak di buat seperti dulu lagi. Miris kadang melihat anak-anak menyanyikan lagu-lagu orang dewasa

  6. Yunita says:

    Yup, aku kangen lagu anak2 yang sesuai usia mereka. Miris rasanya dengar anak kecil nyanyi2 lagu dewasa. Btw, aku baru tau nama aslinya papa T Bob itu Erwanda, jadi T Bob itu siapa? Anaknya?

  7. Taumy says:

    Iya. Jadi ingat jaman itu. Lagu anak2 penciptanya siapa? Papa T Bob. Apalgi dengan Trio Kwek Kwek

  8. Dayu Anggoro says:

    Kalau lagu anak-anak saya suka yang liriknya ” Dudi dudi dam dam dudi dudi dam 2x, kamu sukaaanya apa Tempe” hahahahaha

  9. Kartini says:

    dulu sewaktu kecil aku hapal semua lagu-lagu papa t bob kayaknya. hehehe. sempet koleksi kasetnya juga, terus sambil joget-joget sama sepupu di rumah. kalo inget masa itu jadi lucu sendiri

  10. Lala Yusuf says:

    Mau comment, jadi ketauan deh tua. Lagu kesukaan Papa T-Bob buat aku itu si Lumba-lumbanya Bondan kayaknya. hmmmm

  11. Mungkin kalopun iya dibikin lagu anak-anak kayak dulu lagi, yang memang bener2 tema anak-anak, kurang komersil kali yaa..hehe

  12. Rama Murtaba says:

    Wahhh emang terbaik lah generasi 90an untuk lagu anak-anak. Tidak gede karbit. Hahaha

  13. Achi Hartoyo says:

    Legend banget ini Papa T Bob, waktu kecil ngefans sama lagu Si Lumba-lumba

  14. Hayati says:

    Dan saya hafal semua lagu ciptaannya Papa T Bob itu, Hahaha… Masa kecil yang bahagia deh gen 90an karena hiburannya masih sesuai dengan usianya.

  15. Nunik Utami says:

    Iya, lagu anak zaman 90-an bagus-bagus dan banyak banget. Menyenangkan. Btw aku baru tau nama asli Papa T Bob. Dulu main barengnya sama T Bob-nya, di sanggar anak-anak. Tapi dia masih kecil, aku udah gede 😀

  16. airin says:

    Setiap generasi mempunyai masanya masing-masing, mungkin tahun 90 an kita dihibur dengan lagu anak-anak yang sedemikian rupa menggambarkan kehidupan anak-anak umumnya pada saat itu, namun dengan perkembangan jaman saat ini industri lagu anak-anak bukan merupakan komoditi yang cukup menarik pasar, buktinya penyanyi-penyanyi cilik tidak mendapatkan porsi tampil sebanyak tahun 90 an, mau tidak mau anak-anak jaman sekarang kurang tertarik dengan lagu anak-anak karena mereka jarang mendengarkan lagu anak-anak di kehidupan sehari-hari mereka, semoga kedepan lagu anak-anak dapat mendapatkan porsi lebih banyak untuk dipentaskan di berbagai media informasi, televisi terutama.

  17. Ifa Mutia says:

    Era Papa T Bob era anakku..
    Kalau aku era Chica Koeswoyo, Adi Bing Slamet dan kawan kawan, ketahuan khan jadulnya.
    Tapi sebagai ibu aku sangat prihatin dengan dunia musik anak anak. Srmoga ada musisi seperti Papa T Bob yang benar perhatian pada perkembangan musik anak anak

  18. Budi Setiadi says:

    lagu 90an itu emang juara banget sih, beda banget sama jaman sekarang. Tapi nama papa T Bob itu baru tahu pas udah gede cob, waktu dulu gak tau sama sekali :’D

  19. Masa kecilku bahagia dengan lagu anak-anak berkualitas. Eh, jangan-jangan kita seumuran, wkwkk.

  20. Sayangnya saat ini udah jarang sekali denger lagu anak-anak 🙁 miris liat anak-anak malah nyanyi lagi dewasa. Semoga akan ada lagi lagu untuk anak-anak.

  21. Diah Sally M says:

    Aahh kangen Papa T Bob, kangen juga Sama Ka Nunu yang sering main piano ngiringin nyanyi. Ya ampuun, aku beruntung banget lahir di era 90an dan Masih bisa menikmati lagu anak” dalam definisi sesungguhnya

  22. Tuty prihartiny says:

    Berharap, akan ada lagi pencipta lagu yang concern dengan dunia anak-anak, yang menghibur dan mendidik dengan bahasa anak, seperti lagu ciptaannya Papa T Bob. Jadi kangen Joshua nyanyi di obok obok….

  23. Dede Ruslan says:

    walau ga kenal sama papa t bob, tapi beberapa musisi yg udah dibesarkannya kenal semua dan baru tau dibelakang layarnya adalah papa t bob, 🙂

  24. lenifey says:

    Kangen jaman lagu anak2 masih sepolos diobok2.. atau bis sekolah.. merasa beruntung pernah merasakan jaman2keemasan lagu anak2

  25. Wulan says:

    iya yaaa kangen lagu anak-anak yang benar-benar pas buat usia dan emosi anak-anak. Sekarang udah ga bisa nemu kayanya lagu yang diciptain khusus buat anak-anak dan pas dan seenak dan semendidik dulu huhuhu 🙁

  26. Agusonpapers says:

    Kayanya dulu saya pernah ketemu langsung sama Papa T. Bob deh di Taman Mini, lupa tapi dalam rangka acara apa baheula. Tapi memang ada era ada masanya, dan papa T. Bob telah menjadi figur yang tepat pada masa dan eranya untuk anak-anak.

  27. Kalena Efris says:

    Iyaa sedih sih, apalagi anak2 sekarang itu nyanyinya lagu-lagu yang belum sepatutnya mereka nyanyikan.

    Aku jadi inget sama lagu anak-anak jaman aku kecil masih diputar dimana-mana, ditambah lagi lagu sulis haddad alwi yang sering diputar dan dinyanyikan tanpa harus tunggu bulan puasa untuk eksisnyaa.

    Lagu anak-anak yang aku suka sampe sekarang itu “bila kuingat lelah, akan bunda…bunda piara-piara akan daku, sehingga aku besarlah”, terus “ambilkan bulan buu”, dan “andaikan aku punya sayap, ku kan terbang jauh mengelilingi angkasaaa.” Kalo nyanyi lagu ini suka baper. Ngerasa anak kecil lagi yang selalu butuh sosok ibu 😁

  28. Waah lagu-lagu anak zaman itu memang mencerminkan dunia anak-anak banget ya, Kak. Btw, kemarin sempet denger lagu anak kecil judulnya “Telor Dadar” sih, lucu liriknya.

  29. jadi kangen masa kecil nih. kasian ya anak-anak sekarang kekurangan lagu anak-anak 🙁

  30. Citra Rahman says:

    Papa T Bob ini dulu paling sering aku denger nih lagunya di teve. Sekarang zaman sudah berubah, pencipta lagu anak-anak makin langka karena keinginan pasar sudah berbeda.

  31. Iqbal says:

    Si lumba lumba… Wow favorit dulu nih. Papa T Bob keren memang

  32. titi says:

    wahhh si lumba-lumbanya Bondan is one of my favorite. Si hitam, dari laut Jawa, si hitam, dari selat sunda…. si Lumba2…

  33. Putri Reno says:

    Lagu favorit saya. Cikita Meddy kampuang den nan jauh dimato. Sama eno lerian duri duri dam.

  34. Inez says:

    salah satu pencipta lagu legendaris yang menemani masa kecilku
    sayangnya skrg lagu anak2 sudah kalah saing sama lagu cinta cintaan orang dewasa.
    bocah nyanyinya lagu syantik siti badriyah

  35. Btw.. lagu bis sekolah itu sebenarnya bukan lagi anak-anak… Kalau gak sah lagunya Koes plus.. dan juga dinyanyikan ulang sama Chrisye dan Trio Kwek Kwek…

  36. ketahuan dah umur lu bang.. untung gue jamannya romaria nyanyi hahah

  37. Haha…masakecil dulu iri liat artis cilik. Sayang, sekarang udah gak ada

  38. elsalova says:

    familiah banget namanya waktu kecil mah, tapi tau mukanya pas udah gede. tapi sekarang malah lupa lagi

  39. kelanakucom says:

    Baru tahu nama asli Papa T Bob adalah Erwanda Lucas.
    Lagu-lagu anak ciptaan beliau semuanya favorit saya. Lagunya bagus, ceria, dan bisa buat nari-nari.. hehe
    Sedih kalau liat anak zaman now ga punya lagu anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *