Lady Rocker Indonesia

Diakhir dekade 80an dan pada awal 90an banyak sekali penyanyi rock Indonesia atau yang biasa disebut Lady Rocker yang kualitas vokalnya sudah sangat jarang ditemukan pada generasi saat ini, menurut saya yang mendekati kualitas Lady Rocker saat ini vokalisnya group band “Kotak” yaitu Tantri.

Generasi 80an dan 90an favorit saya yang akan disebut adalah seperti Nicky Astria, Inka Christie, Anggun C Sasmi, Ita Purnamasari, Poppy Mercury, dan Nike Ardilla, rata-rata dari mereke bisa menyanyikan nada F5 pake suara asli tanpa falsetto hal tentunya sudah jarang ditemukan pada penyanyi wanita saat ini, mari kita bernostalgia sejenak untuk mengingat memori indah tentang mereka.

1. Nicky Astria

Mojang kelahiran Bandung dengan nama asli Nicky Nastitie Karya Dewi Wirahadimaja adalah Penyanyi Rock terhebat yang pernah dimilik Indonesia, bakatnya ditemukan oleh legenda gitar Indonesia dan salah satu pentolan Group Band “God Bless” yaitu Ian Antono. Namanya mulai dikenal di dunia musik Indonesia ketika meluncurkan Album Jarum Neraka. Sudah puluhan Album yang sudah diluncurkan oleh penyanyi yang memiliki lengkingan suara yang tinggi ini, single-single hits dia adalah “Mengapa”, “Kau”, “Samar Bayangan”, “Jangan lagi ada Angkara”. “Jarum Neraka”

2. Inka Christie

Namanya meroket setelah berduet dengan penyanyi kenamaan asal Malaysia Amy Search di Tahun 1991 dan mengeluarkan single “Cinta Kita” dan Album Gambaran Cinta. Inka Christie adalah salah satu sahabat dari Nike Ardilla.

3. Anggun C Sasmi

Penyanyi asli Indonesia yang telah berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Perancis ini adalah salah satu bintang terang Lady Rocker Indonesia, yang saya suka dari penyanyi ini adalah walaupun sudah berganti kewarganegaraan tetapi dia tidak lupa sama negara asal dan penampilannya tetap Indonesia banget, cara bicaranya pun tidak berubah menjadi kebarat-baratan tetap dengan cerminan dia sebagai wanita jawa tulen dengan penampilan sederhana tapi anggun.

Lagu “Tua-tua Keladi” dan “Mimpi” membuat popularitasnya ketika diawal karir menjadi begitu melejit, bahkan lagi “Mimpi” menurut versi majalah Rolling Stone menjadi salah satu lagu dari 150 lagu Indonesia terbaik sepanjang masa. Anggun hijrah ke Perancis untuk mengikuti suaminya dan dia mulai merintis karier disana dan merilis album berbahasa Perancis pertamanya berjudul Au nom de la lune  dan berhasil menggebrak pasar internasional dengan meluncurkan album berbahasa Inggris “Snow on the sahara” dan langsung menjadi hit. Anggun menorehkan sejarah menjadi penyanyi yang berasal dari Indonesia pertama yang berhasil menembus yang menembus tangga album bilboard

4. Ita Purnamasari

Istri dari komposer musik Dwiki Dharmawan ini pertama kali dikenal publik lewat lagu “Cintaku Padamu” dan memiliki ciri khas tahi lalat di pipinya. Lagu “Penari Ular” juga membuat dia semakin dikenal oleh khalayak ramai, keistimewaan dia adalah bisa bernyanyi sambil memainkan piano.

5. Poppy Mercury

Perempuan bernama asli Poppy Yusfidawati atau lebih dikenal dengan nama Poppy Mercury, penambahan Mercury dibelakang namanya karena dia sangat mengidolai Vokalis Band Queen yaitu “Freddie Mercury”. Hit-hit lagu Poppy Merkcury yaitu “Surat Undangan” dan “Antara Jakarta dan Penang”. Sayangnya Poppy Mercury meninggal di usia muda dikarenakan sakit, dan menjadi salah satu dari sederetan artis yang meninggal di Tahun 1995.

6. Nike Ardilla

Nike Ardilla adalah seorang legenda dan bintang besar sebagai penyanyi, sampai saat ini lagu-lagunya masih tetap abadi bahkan tidak hanya itu dia masih memilik begitu banyak fans yang menyukai lagu-lagunya yang sebagian besar diciptkan oleh Deddy Dores, pelantun lagu “Bintang Kehidupan” ini tidak hanya berbakat di dalam dunia tarik suara tetapi juga dalam dunia peran seperti film Lupus, Olga dan Sepatu Roda, dan Si Kabayan sebagai Nyi Iteung.

Karena parasnya yang cantik dan multitalenta Nike juga terlibat dalam dunia modelling dan menjadi Fashion Icon sampai saat ini, dalam usia 14 tahun Nike Ardilla juga sudah memiliki album yang terjual Dua Juta copies dan masuk kedalam album terlaris sepanjang masa. Tapi sayang takdir berkata lain Nike Ardilla alias Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi meninggal di usia 19 tahun dan sedang berada di puncak popularitasnya. Sampai Majalah Asia Week menafsirkan Nike dalam sebuah kalimat satir In Dead She Soared atau “Dalam Kematian Dia Bersinar”. Dia sangat mengidolai Marylin Monroe dan sama-sama meninggal di usia muda.

About jaryat

Tagline : "Pelan tapi tetap berjalan" Hobi bersepeda, berenang, dan menghirup udara segar, penikmat alam dan taman, bobotoh PERSIB dari orok. Email : jaryat@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

33 Responses to Lady Rocker Indonesia

  1. Dari semua nama di atas yang aku tau cuma Anggun dan Nike Ardilla. Pernah denger Nicky Astria tapi ntah yang mana orangnya dan lagunya haha
    Btw lagu-lagu Nike Ardilla memang easy listening, suka dengerin lagunya dari zaman SD sampe sekarang nggak pernah bosen.

  2. Tante Nicky sudah sibuk menebarkan kidung politik, Mas.

  3. Dayu Anggoro says:

    Dari semua penjelasan di atas, yang saya tau cuma Nike Ardilla Mas. Dan untuk lady rock zaman sekarang mungkin Tantri dari band Kotak bisa masuk salah satu kategori.

  4. Aku yang gak tahu orangnya cuma Poppy Mercury hehe. Baru denger. Dulu orangtua ku suka bgt dengerin Nike Ardila sama Nicky Astria. Jadi tahu dikit lagu mereka yg mana heehe

  5. Ifa Mutia says:

    Nicky Astria dan Anggun…favorite banget.
    Anggun yang identik dengan rambut panjang dan topi khasnya.
    Nicky Astria lady rocker yang cantik.

  6. Amelia says:

    Aku gak banyak tau tentang lady rocker indonesia, tapi karena baca tulisan ini jadi tambah tau ternyata banyak juga ya perempuan indonesia yang suaranya keren

  7. Deny Oey says:

    Nike Ardilla dan Nicky Astria, lady rocker yg hits di jamannya. Meski waktu itu ane masih cilik tapi seengganya pernah mendengar senandung mereka..

  8. Kartini says:

    Selain nicky astria, anggun, dan nike ardila aku belum pernah tau lagu2nya. Tp pernah dengar disebut dari ibuku

  9. Ristiyanto says:

    Nike Ardilla, walaupun orangnya sudah tiada, tapi masih banyak yang memutar lagunya. Saya pun termasuk tifosinya.

  10. Budi Setiadi says:

    Anggun sih paling favorit. selain itu suka banget sama Tantri Kotak, eh tapi kok gak masuk list nya ya? Padahal setiap hari saya stalkingin IG nya Tantri..

  11. ristiyanto says:

    Yang paling cantik sudah barang tentu Nike Ardilla, sayangnya sudah meninggal dunia. Tapi bagi masyarakat Indonesia, namanya akan tetap melegenda.

  12. Agusonpapers says:

    Inka Cristie yang masih bertahan dan juara…bertengger di MP3 yng selalu play di Mobil and Earphone…hehehe

  13. Annisa says:

    Keren ya mereka semua.. Apalagi Anggun inspiratif banget!

  14. taumyalif says:

    Oh..Inka Christie itu orang Indonesia..Kirain dari Malaysia, karena lagunya rata-rata melayu. Ternyata cuma kolaborasi.

  15. lenifey says:

    Saya kayaknya tau inka christie.. tapi lupa orangnya.. hahah..
    Yang gak tau sama sekali poppy mercury..
    Tapi yang paling saya sukai Nike Ardilla. Gara2 Bapak saya suka nyetel lagu2 mbak Nike Ardilla tiap pagi di hari minggu. Hihihi

  16. Tuty prihartiny says:

    Sepertinya dari 6 lady rockers, Nike Ardila ‘abadi’ ya. Dimana-mana masih sering lagunya di putar atau dinyanyikan. Karena sering banget jadi hapal beberapa lagu hitsnya. Jadi pengen dengerin juga lagu2 lady rockers lainnya…..

  17. Hmm semua idola itu..Nicky, Nike, dan Inka, semua suka lagu-lagunya..sampai sekarang kadang masih suka nyanyi lagunya Nike.

  18. Lady rocker indonesia keren-keren. Btw, ini postingan tmbah asyik klo dikasih foto-foto mereka, biar pembaca sekalian bisa memandangi dan bernostalgia, hehe.

  19. Saya tahu Nike Ardilla & Nicky Astria karena memang sangat hits di zamannya. Tapi ternyata pernah dengar Tua-tua Keladi juga, meski ga tahu penyanyinya.

  20. Mbak Anggun C. Sasmi sih yang selalu jadi favorit!

  21. Rama Murtaba says:

    Yeayyy tahu 3 nama dari 5 nama yang disebutkan. Hahaha jadi berasa tua rasanya.

  22. Yunita says:

    Deretan lady Rocker yang semua lagunya masih ada di Playlist aku. Btw, ga ada Mell Shand, Cony Dio,
    Nafa Urbach?

  23. Ahhhaa emang semua itu suata dan lagunya keren buanget. Masih ada sampai sekarang di play list aku. Tambahin Mel Shandy, Nafa Urbach dan Cony Dio doong

  24. Citra Rahman says:

    Ini keknya pakek plugin steempress ya? Hahahaha…sekali dayung, dua sampan terlampaui ya bang Jaryat. 😀

  25. Mutiara says:

    Anggun sekarang masih terbilang lady rocker atau just another mainstream pop singer yah?

  26. Airin says:

    Anggun ini gaungnya masih kukenal.. mantab

  27. Putri Reno says:

    Dari mana di atas taunya cuma nicky ardila dan anggun. Heheh.

  28. Inez says:

    favoritku Anggun. Aku sempat baca biografinya dia bagaimana saat dia kecil itu latihan nyanyi yg sangat konsisten. Nggak diragukan lagi, usaha keras beliau membuahkan hasil, sampai jadi penyanyi kelas internasional. Suaranya khas, serak serak basah gitu. Berkarakter banget.

  29. Achi Hartoyo says:

    3 diva rocker di atas fav semua. Suka sama lagu-lagunya.

  30. Ndari says:

    Nomor 2 sama 5 tau nama aja g pernahhh ngeh Karya dan wajahnya…
    Cuma Anggun yha yg masih eksis di layar kaca

  31. Kelanakucom says:

    Nama-nama itu emang punya suara yang super-super keren. Yang terbaik sekarang cuma tantri. Semoga ada penerusnya.

  32. Nasa says:

    Tengkyu bang ulasanya… Jd flashback.khususnya nike ardila

  33. titi says:

    Nike Ardilla, papaku fans beratnya. Inget dulu pas kecil bahkan pernah diajak ngelayat kekuburannya pas baru2 almh meninggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *